Rabu, 20 Juli 2011

Semangat Kaki Kaki Penakluk Jalanan

Siang-siang ada yang lewat depan rumah tek tek tek tek....lotis begitu suaranya, tak lama kemudian ada suara tung  tung  tung  tung...ternyata tukang es dung dung kalo aku manggilnya. Masih banyak lagi lho bapak bapak tukang yang lain, yang belom lewat. Nah share aja ya, ane pernah ngobrol sama tukang burjo atau bubur kacang hijau, terkadang kita memandang sebelah mata sama mereka, atau bahkan tidak memandang sama sekali? usut punya usut ternyata pak Yanto sebutan akrabnya, beliau sudah berjualan Burjo selama kurang lebih 30 tahun dengan berjalan kaki setiap hari dengan jarak tempuh 10 km. Apa kita mampu ? he2.tentu tidak.
Pernah juga saya ketemu 2 hari yang lalu dengan penjual gethuk, klepon, dan jajanan dari singkong gitu, sebut saja pak Ahmad, beliau baru 2 tahun seh jualannya, dengan gerobak dorong berjalan sekitar 10-15 km tiap harinya. Tau beliau dapet uang berapa? omset 100 ribu bro, apa sanggup kita jalan dorong gerobak dari siang sampe malam trus dapet uang 100ribu?itupun omset kotor, terus lanjut lagi saat saya tanya, modal bapak berapa buat bikin makanan makanan ini? "Modal saya 40 ribu mbak" katanya.

Satu lagi cerita tentang seorang bapak tua yang jualan wedang ronde, namanya Pak Jumangit nah beliau ini tiap 2 hari sekali lewat depan rumahku sekitar pukul 20.00 sampai pukul 22.00, kalo bapak yang ini berangkat jualannya setelah maghrib, nanti sampe rumah sekitar pukul 23.00 atau 00.00. Suatu saat saya ngobrol sama beliau, "rumahnya mana Pak?" kataku. Disana mbak, desa Ngebon "katanya. Aku tau jarak dari sana sampai wilayah rumahku kan juaauuuuuhhh buanget. jalan kaki lagi. itupun dengan omset rata2 juga 100ribuan.
Bagaimana? Kuatkah kita menandingi jalan dengan bapak-bapak tersebut? Hanya satu yang bisa bikin mereka tetap awet selama bertahun tahun jualan produk yang sama, meski kata orang wah bosen itu melulu, tapi mereka ga pernah mikir "ntar kalo ga laku gimana ya? ntar kalo rugi gimana ya? toh tetep survive selama 5 sampai 30 tahun?

 Mereka punya SEMANGAT, Tekad, dan Istiqomah dalam menekuni kerjaannya, mencintai kerjaannya, dan bermanfaat bagi orang lain, selalu berdo'a agar esok lebih baik dari hari ini,  itulah inti dari sebuah usaha apapun itu. Kaki kaki yang kokoh menaklukkan jalan jalan demi menggapai rejeki dariNya.

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, karena kita lebih muda dari mereka, kita harusnya lebih kuat dari mereka, ayo semangat, wujudkan impian, bahagiakan orang orang sekitar, selalu berdo'a kepa Allah Tuhan semesta alam.

Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar