Senin, 01 Agustus 2011

Ramadhan Pertama tanpa Kehadiranmu.......Ibu

Ramadhan kali ini terasa sangat berbeda, meski dari tahun ke tahun puasa Ramadhan selalu rame di sekitarku. Minggu sore aku berangkat ke masjid selepas isya', dan sholat taraweh berjamaah. Sudah lama sekali aku ga merasakan perasaan damai di masjid seperti ini. Keadaan yang ga jauh berubah saat khotib ceramah, saat ada yang baca do'a taraweh dan do'a witir. Karena tahun tahun kemaren aku mungkin terlalu sibuk dengan acara-acaraku sampai sampai sholat taraweh aku kerjakan dirumah, sendirian. Jadi keinget jaman kecil dulu, selalu riang menjalani puasa dan segudang agenda yang menyenangkan.

Tapi tahun ini 1432 H atau 1 Agustus 2011 puasa pertama, kami menjalani dengan suasana berbeda tanpa kehadiran ibu. Sudah 100 hari lebih sepeninggal ibu, kami berusaha tetap tegar dan kuat menjalani hidup, dengan selalu mengantongi segenggam semangat.

Masih jelas benar saat Ramadhan tiba, ibulah yang paling sibuk nyiapin makanan buat sahur, makanan buat buka, bikin ini bikin itu, banyak sekali. Dan tahun kemaren ibu masih menyiapkan hidangan buka untuk kita, dengan tubuhnya yang kadang terasa sakit, beliau tidak pernah mengeluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar