Kamis, 28 Juli 2011

Kebaikan Vs Keburukan ( yang harus selalu kita ingat )

zarrav.blogspot.com
Sudahkan kita berbuat baik untuk sesama? Seyogyanya, sebagai seorang muslim, ada pelajaran atau pesan yang bagus untuk selalu kita ingat, apa itu? Ya benar dua sisi kehidupan antara kebaikan dan keburukan.

Nah ada 2 hal yang harus selalu kita ingat,
1. Selalu ingat akan kebaikan orang lain kepada kita.
Mengapa demikian? Hal tersebut dilakukan agar kita mau membalas kebaikan orang lain dalam rangka menggapai pahala dariNya.
2. Selalu ingat keburukan kita terhadap orang lain. Kenapa? Supaya kita bisa selalu instropeksi diri dan memperbaiki diri.
Tetapi ada dua hal yang harus dilupakan oleh kita:
1. Melupakan kebaikan kita kepada orang lain. Agar kita tidak merasa bangga karena telah melakukan hal yang baik. Dan bisa menyebabkan kita sombong dan mengurangi keiklhasan kita dalam beramal.
2. Melupakan keburukan orang lain terhadap kita. Hal ini bertujuan agar hubungan kita dengan orang lain tidak terganggu sehingga interaksi kita terhadap orang lain tidak terganggu. Dan kita pasti akan selalu berselimut dendam yang berakibat akan membuat kita tidak tenang dan selalu berpikir negatif.


Itulah beberapa rangkuman dari berbagai sumber yang kesemuanya mengarah pada lakukan hal baik, hindari hal buruk. Meski kelihatannya susah sekali kita mewujudkannya, tapi mari sama-sama kita belajar menjadi lebih baik dalam hidup bermasyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar