Minggu, 06 November 2011

Cooking Day " Resep Masak daging"


Tanggal 6 november 2011 bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijah 1432 H, adalah hari raya iedul Adha, kewajiban bagi setiap umat muslim yang mampu untuk melaksanakan kurban. Inilah yang saya suka karena disinilah letak indahnya berbagi. Hapir semua masyarakat di desa maupun di kota sibuk dengan acaranya yakni masak-memasak. Ada yang bikin sate, tongseng, semur, gulai, rrendang dan berbagai masakan olahan daging sapi dan daging kambing. Sudahkah kita ikut berbagi?
Pedagang sate dan tongseng pun ikut libur, karena bisa dipastikan jualannya kurang laku. Tapi di pasar, banyak pedagang yang menjual tusuk sate, bumbu tongseng, bumbu gulai, dan bumbu rendang. Bumbu-bumbu itupun bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah Rp.3.000,-
Sore yang indah, sayapun mulai masak-memasak bersama istri saya, menu yang akan kami buat adalah rendang daging sapi, gulai kambing, dan tongseng daging kambing.
Pertama saya memasak rendang, makanan khas dari Sumatera Barat ini bisa dibilang sudah menjadi makanan khas tradisional Indonesia, tengok saja hampir di  seluruh pelosok kota ada Restoran Padang. Sebenarnya sangat mudah membuat masakan rendang, anda hanya siapkan saja bahannya, dan ikuti langkah-langkahnya.
Nah ini dia resepnya:
Rendang Daging Sapi
Bahan-bahan :
1 kg daging sapi, dipotong kecil atau dadu sesuai selera.
700ml santan
1 batang serai, dimemarkan
1 lembar daun kunyit
5 lembar daun jeruk purut, diikat dengan daun kunyit

Bumbu yang dihaluskan:
12-20 cabai merah, digiling
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
5 cm lengkuas/laos
garam secukupnya

Cara Membuat Rendang:
Pertama tumis bumbu halus dan tunggu sampai harum, lalu masukkan serai yang sudah dimemarkan, daun salam, dan masukkan daging. Setelah itu masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
Usahakan api kecil, dan terus diaduk sampai santannya habis.
Rendang siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar