Jumat, 04 November 2011

Menu Kreasi Indomieku

Menu Kreasi Indomie
Artikel ini sebelumnya pernah saya upload di squidoo. tapi ga masalah, itulah gunanya berbagi.

Anda pastinya ga asing lagi dong makanan yang satu ini? Yup benar, adalah mie. Banyak yang bilang mie aslinya dari cina, ada yang dari jepang dan dari macam-macam daerah lainnya. Yang jelas kali ini kita ga akan membahas asal mula mie ya, tapi resep yang sering saya buat sendiri kalo pas lagi males keluar rumah, atau pas hujan. Banyak yang bilang juga dingin-dingin enaknya makan mie, atau huja-hujan gini enaknya makan mie, atau malam-malam laper enaknya juga makan mie. Intinya mie bisa menjadi makanan favorit setiap saat. Ketika saya kecilpun, kakek saya sering membelikan mie goreng jawa. Jadi mie bagi saya sendiri juga adalah salah satu makanan yang favorit, meski ga tiap hari makan mie, ntar keriting rambutnya. (he2 becanda )
Nah membahas mie jawa ini, sampai sekarang saya juga masih mencoba merasakan bedanya, makanya banyak tempat jualan mie Jawa di Yogyakarta sudah saya cobain, sebut saja bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo (banyak artis juga lho yang datang), Bakmi Pele, Bakmi pak Kuncung yang kabarnya juga pernah didatangi sama Pak Bondan Winarno ( acara kuliner TV). Dan masih banyak tempat-tempat bakmi Jawa yang belom saya cobain.

Sedangkan mie jawa sendiri ada banyak macamnya, antara lain mie jawa Semarang, Mie Jawa Suroboyo, Mie Jawa Jogja, dan aneka macam mie Jawa. Kalo Anda nyobain, lama lama pasti tau bedanya antara satu dan yang lain.
Saya kira teman teman setuju dong bahwa bakmi adalah salah satu makanan yang disukai masyarakat kita??Meskipun bukan favorit, tapi bakmi melekat di hati.
Nah Kali ini saya ingin share tentang resep mie, yang diolah dengan bahan yang mudah, murah dan gampang dibuatnya.
Dan mungkin resep saya ini sudah banyak juga yang menulis atau menjadikan sebagai resep kreasi untuk lomba. Tapi ga masalah deh, karena ini asli buatan saya sendiri.

Mie Godhog / Mie Rebus (Kreasi Indomie)

Yang pertama adalah Mie rebus, atau orang Jawa bilang Mie Godhog. Kali ini kita memakai Indomie (rasanya boleh macam-macam tergantung kesukaan)
Nah cara membuatnya:
-Rebus Mie di air mendidih sekitar 3 sampai 4 menit saja.
-Sementara Mie direbus, siapkan 1 telor ayam, 1 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, dan iris kecil2, atau ada yang suka dikeprok.
-Setelah Mie ditiriskan, tumis sebentar bahan bahan tadi sampai baunya agak harum, lalu masukkan telor dan diaduk bersama bawang tadi.
-Setelah telor kelihatan matang, masukkan Mie yang sudah ditiriskan tadi, dan ditambahin air kurang lebih 150 ml saja, jangan kebanyakan, ntar jadi hambar.
-Masukkan irisan daging ayam, daun bawang, dan sedikit kubis, serta kasih sedikit merica.
-Langkah terakhir, angkat dan taburi dengan bawang goreng. Mie godhog Indomie siap disajikan.

Selamat mencoba!!!

Mie Goreng Jawa(Kreasi Indomie)

Menu kedua adalah Mie goreng Jawa dengan bahan utama Indomie goreng apapun jenisnya. Tidak beda dengan bahan bahan bumbu untuk Mie rebus tadi.
-Siapkan bawang putih, bawang merah masing masing 1 siung aja.
-Langkah pertama, masak Mie terlebih dahulu selama kurang lebih 3 sampai 4 menit.
-Sementara Mie direbus dulu kita iris bawang merahnya, dan kita keprok bawang putihnya ( istilah keprok juga sering dipakai para chef lho kalo pas lagi ada acara di TV. ^_^.
-Oke, setelah mia matang, lalu tiriskan. Kita mulai dengan tumis bawang putih dan merah bersama sama, dan masukkan telor yang sudah dikocok.
-Sayuran jangan lupa bagi yang suka sawi, kubis, dan daun bawang.
-Kalo ingin agak pedas, tinggal diirisin cabe tergantung kesukaan.
-Langkah selanjutnya, masukkan Mie ke dalam wajan, tambah sedikit air untuk meratakan bumbu, dna biar ga terlalu lengket. Bagus lagi jika memakai teflon.
-Aduk aduk, masukkan bumbu-bumbu Indomie beserta minyak, kecap, dan saus cabe.
-Biasanya setelah matang akan muncul bau harum merangsang perut kita.
Siap diangkat, selamat mencoba!!!

Magelangan (Kreasi Indomie)
 

Menu ketiga ini sebenarnya gabungan antara nasi goreng dan Mie goreng. Hanya saja kalo magelangan yang asli sih, Mienya dikit, karena lebih condong ke nasi gorengnya. Jadi khusus untuk resep saya ini magelangan agak timur dikit jadi Muntilan.he2. ya namanya tetep magelangan, tapi variasinya beda deh. Oke, kita coba memasaknya.
-Siapkan bahan bahan seperti biasanya, bawang putih, bawang merah masing-masing 1 siung aja.
-1 buah telor ayam
-Siapkan setengah piring nasi aja, karena kalo banyak-banyak ntar kekenyangan dan rasanya kurang pas.
-Kita masak Mie terlebih dulu, dan sementara Mie dimasak, kita iris bawang merah dan putih, siapkan telor yang dikocok dulu, mulailah kita tumis sebentar, dan masukkan Mie yang sudah ditiriskan, tambahkan air sedikit saja sekitar ¼ gelas.
-Masukkan nasi ke dalam wajan, taburkan bumbu Indomie serta saus, kecap, dan minyak sayur. Jika pengen lebih pedas, tambahkan cabe bubuk atau saus sambalnya.
Nah sekarang siap disantap deh magelangan versi kreasi dapur sendiri

Martabak Mie ( Kreasi Indomie)

Kalo menu kempat ini ada yang bilang Pizza Mie, ada yang bilang Mie dadar, ada yang martabak. Tapi saya lebih suka menyebutnya Martabak, karena untuk menu yang satu ini kita banyakin daun bawangnya, dan memakai 2 buah telor ayam untuk 1 porsi Indomie.
Dan yang dipakai kalo bisa yang Indomie goreng, karena bumbunya lebih banyak dan rasanya lebih mantabs.
Cara membuatnya:
-masak Mie di air mendidih sekitar 3 menit saja dan tiriskan.
-Kocok 2 buah telor di mangkok atau di loyang dan dokocok bersama sama dengan semua bumbu Indomie termasuk minyak, saus, kecap, dan bumbunya.
-Enak lagi tambahkan sosis yang sudah diiris tipis tipis, dan daun bawang yang banyak persis seperti martabak.
-Setelah rata kita kocok telor dan bahan bahan lain, lalu masukkan Mie ke dalam mangkok yang berisi telor tadi.
-Sekarang kita siramkan/ tuangkan di loyang atau teflon lalu ratakan. Ingat, kita masak dengan cinta dan api yang kecil saja biar tidak gosong dan matang di tengahnya.
-Setelah kurang lebih 10 sampai 15 menit kemudian kita balik, dan lihat sudah kenyalkah martabak kita?
- Oke sekarang Martabak Mie siap diangkat dan diiris sesuai keinginan, isa dibagi 4 dibagi 6 atau dibagi 8, dan dimakan dengan menggunakan saus sambal.
Rasanya???Mantabs bro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar